dametobing93

Dasar dari sumber hukum Islam

Posted on: April 2, 2013

(1.) Al-Qur’an
(2.) As-sunnah (Al-Hadits)
(3.) Akal pikiran (ra’yu) manusia yang memenuhi syarat untuk berijtihad karena pengetahuan dan pengalamannya, dengan mempergunakan berbagai jalan (metode) atau cara, ‘diantaranya’ adalah
–          Ijma’
–          Qiyas
–          Istidal
–          Al-masalih Al-mursalah
–          Istihsan
–          Istishab
–          ‘Urf
1.    Al-Qur’an
Alquran adalah sumber hukum islam pertama dan utama. Alquran adalah kitab suci yang memuat wahyu (firman) Allah, Tuhan Yang Maha Esa, asli seperti yang disampaikan oleh malaikat jibril kepada Nabi Muhammad sebagai rasul-Nya sedikit demi sedikit selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, mula-mula di Makkah kemudian kemudian di Madinah untuk menjadi pedoman atau petunjuk bagi umat manusia dalam hidup dan kehidupannya mencapai kesejahteraan didunia ini dan kebahagiaan di akhirat kelak.
Sayyid Husein Nasr berkata : “ sebagai pedoman abadi, Al-Qur’an mempunyai tiga petunjuk bagi manusia:
–          Pertama, adalah ajaran yang memeberi pengetahuan tentang struktur susunan kenyataan alam semesta dan posisi berbagai makhluk, termasuk manusia, serta benda di jagad raya dan berisi petunjuk tentang iman atau keyakinan, syariat atau hukum, akhlak atau moral yang perlu dipedomani manusia dalam kehidupan sehari-hari.
–          Kedua, Al-qur’an berisi petunjuk  yang menyerupai sejarah manusia, rakyat biasa, raja-raja, orang-orang suci, para nabi, sepanjang zaman dan segala cobaan yang menimpa mereka.
–          Ketiga, Al-qur’an berisi sesuatu yang sulit untuk dijelaskan dalam bahasa biasa. Ayat-ayat Al-Qur’an, karena berasal dari firma Allah, mengandung kekeuatan berbeda dari apa yang dapat kita pelajari secara rasional.
Menurut para Ahli, pada garis-garis besarnya Al-Qur’an memuat soal-soal yang berkenaan dengan
(1)  Akidah
(2)  Syariah
(a)  Ibadah
(b)  Muamalah
(3)  Akhlak dalam semua ruang lingkupnya
(4)  Kisah-kisah umat manusia di masa lalu
(5)  Berita-berita tentang zaman yang akan datang (kehidupan akhirat)
(6)  Benih atau prinsip-prinsip ilmu pengetahuan, dasar-dasar hukum atau hukum-hukum dasar yang berlaku bagi alam semesta, termasuk manusia didalamnya
2.    As-sunnah atau Al-hadits
As-Sunnah atau Al- Hadits adalah sumber hukum islam kedua setelah Al-Qur’an, berupa perkataan (sunnah Qauliyah), perbuatan (sunnah Fi’liyah) dan sikap diam (sunnah taqririyah atau sunnah sukutiyah). Hadits Qudsi adalah ucapan-ucapan nabi yang didalamnya Allah berbicara melalui nabi, namun tidak menjadi bagian dari Al-Qur’an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: